Penukaran Uang Lama dengan Uang Baru Lewat Aplikasi Pintar

Penukaran Uang Lama dengan Uang Baru Lewat Aplikasi Pintar

Bank Indonesia dan Pemerintah merilis 7 (tujuh) pecahan uang tahun emisi 2022 sejak Kamis (18 Agustus 2022). Uang kertas tersebut secara resmi, berlaku dan beredar di Negara Kesatuan Republik Indonesia bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke-77 (17 Agustus 2022).

Penukaran Uang Lama dengan Uang Baru Lewat Aplikasi Pintar
Penukaran Uang Lama dengan Uang Baru Lewat Aplikasi Pintar

Ketujuh pecahan uang Tahun Emisi 2022, antara lain:

  • Rp100.000 (Seratus Ribu Rupiah)
  • Rp50.000 (Lima Puluh Ribu Rupiah)
  • Rp20.000 (Dua Puluh Ribu Rupiah)
  • Rp10.000 (Sepuluh Ribu Rupiah)
  • Rp5.000 (Lima Ribu Rupiah)
  • Rp2.000 (Dua Ribu Rupiah) dan
  • Rp1.000 (Seribu Rupiah).

Semua pecahan uang kertas baru tahun emisi 2022 tersebut memiliki telaah visual khusus sehingga sulit bagi orang yang akan memalsukannya. Serta setiap uang baru tersebut tetap mempertahankan tokoh pahlawan pada sisi satu dan kebudayaan Indonesia pada sisi lainnya.

Erwin Haryono selaku Kepala Departemen Komunikasi BI menyebutkan,”Terdapat tiga aspek inovasi penguatan Uang Tahun Emisi 2022, yaitu desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik.”

Inovasi tersebut bertujuan agar uang kertas yang baru tersebut mudah bagi orang mengenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman untuk digunakan serta lebih sulit untuk dipalsukan. Sehingga rupiah semakin berkualitas dan terpercaya serta menjadi kebanggaan bersama sebagai simbol kedaulatan NKRI.

Penukaran Uang Lama dengan Uang Baru Lewat Aplikasi Pintar

Bank Indonesia (BI) memastikan uang rupiah kertas dengan tahun emisi yang lama (2016) masih tetap berlaku. Dan BI membuka pendaftaran penukaran uang lama dengan yang baru lewat Aplikasi Pintar yang dapat diunduh melalui laman https://pintar.bi.go.id/.

Kas Keliling Tempat Menukar Uang Lama dengan Uang Baru

Apa itu Kas Keliling? Dari laman resmi Bank Indonesia disebutkan, “Kas keliling merupakan unit pelayanan penukaran uang Rupiah kepada masyarakat yang dilakukan Bank Indonesia sebagai wujud komitmen dalam memberikan layanan kas yang prima agar masyarakat semakin mudah untuk memperoleh uang Rupiah layak edar dalam jumlah yang cukup dan pecahan yang sesuai.”

Lokasi Penukaran Uang

Penukaran uang Rupiah melalui kas keliling dilakukan Bank Indonesia di lokasi yang telah ditetapkan yang dapat dilihat pada aplikasi PINTAR.

Kapan Masyarakat dapat Menukar Uang di Kas Keliling?

Waktu penukaran uang Rupiah melalui kas keliling dilakukan Bank Indonesia pada tanggal dan waktu yang telah ditetapkan yang dapat dilihat pada aplikasi PINTAR. Dan layanan penukaran uang Rupiah melalui kas keliling tidak dilakukan pada hari libur nasional atau cuti bersama yang ditetapkan Pemerintah kecuali diatur lain oleh Bank Indonesia.


BACA JUGA: Cara Lengkap Cek dan Bayar Tagihan Listrik, Pulsa, dan BPJS Online


Share

One thought on “Penukaran Uang Lama dengan Uang Baru Lewat Aplikasi Pintar

Comments are closed.

%d bloggers like this: