Perbedaan Antara Website dengan Landing Page dalam Bisnis Online Marketing

Home » Bisnis » Perbedaan Antara Website dengan Landing Page dalam Bisnis Online Marketing

Sebelum lebih jauh membahas tentang Perbedaan Antara Website dengan Landing Page dalam Bisnis Online Marketing — ada baiknya kita urai satu per satu definisi dari istilah, “website” dan “landing page”.

Definisi Website

Website adalah tampilan bisa berupa teks dan video yang terkumpul pada sebuah halaman yang memiliki domain di internet. Website dibuat dengan tujuan tertentu serta saling berhubungan yang diakses secara luas — misalnya untuk kepentingan branding baik personal ataupun komunitas. Website lazim mempunyai halaman depan atau biasa disebut dengan home page yang menampilkan beragam informasi teks, data, gambar diam ataupun bergerak, data animasi, suara, video maupun gabungan dari semuanya.

Definisi Landing Page

Landing page merupakan salah satu bagian dari halaman dalam website yang dirancang khusus untuk marketing. Bagi Anda yang memiliki tujuan memasarkan baik produk maupun jasa dan sudah biasa mengalokasikan iklan berbayar (Search Engine Marketing) sudah seharusnya menjadikan produk yang dipasarkan tersebut berbentuk landing page.

Kita sering melihat orang mempromosikan bisnis dan produknya melalui media poster dan brosur di dunia offline. Media ini merupakan pintu utama supaya orang bisa mengetahui atau mengenali bisnis dan produk kita. Orang yang berminat melihat brosur atau poster yang sudah disiapkan dan tampil dalam laning page pada akhirnya akan menghubungi nomor telepon, email atau website yang tertera di dalamnya — proses tersebut dikenal dengan istilah CTA (call to action).

Dari perbedaan antara website dengan landing page dapat disimpulkan:

  • Website memiliki banyak link dalam satu halaman, biasanya sekitar 40an link dalam satu halaman yang membuat halaman ini tidak fokus pada satu tujuan.
  • Landing page benar-benar fokus pada satu tujuan, satu Call-to-Action. Apalagi dirancang menjadi sebuah landing page yang bagus dan menarik untuk kebutuhan promosi online.

Ada banyak dasarnya kenapa memasarkan bisnis baik produk atau jasa harus menggunakan landing page. Sedikitnya ada 8 (delapan) alasan bahwa menggunakan landing page saat berbisnis online sangat efektif, antara lain;

  1. Fokus pada Penawaran. Landing page membuat orang fokus untuk terus melihat penawaran Anda.
  2. Meningkatkan Konversi. Landing page yang menarik, copywriting dan penempatan tombol Call To Action yang tepat, mampu meningkatkan konversi penjualan Anda secara signifikan.
  3. Meningkatkan Efektifitas. Landing page dapat sangat berperan untuk meningkatkan efektifitas iklan berbayar, seperti facebook ads, adwords atau instagram ads.
  4. Prospek Lebih Mudah. Anda cukup memberikan tautan (link) landing page Anda ke calon pelanggan untuk mempelajari secara detail produk Anda. Tidak perlu lagi repot menjelaskan dengan chatting.
  5. Terkoneksi Kontak Anda. Calon pelanggan Anda bisa lansung menghubungi Anda melalui Whatsapp, Facebook Messenger, Telegram, Line, Instagram, SMS, dan Telepon dengan satu klik saja.
  6. Tampil Menarik & Informatif. Landing page membuat tampilan penawaran produk/jasa menjadi lebih menarik dan informatif.
  7. Menyentuh Emosional. Landing page dengan copywriting yang menarik dapat membuat orang yang sedang membutuhkan produk
    Anda dapat tersentuh emosionalnya.
  8. Mengumpulkan Database. Orang yang menghubungi Anda melalui landing page, kontaknya bisa langsung Anda simpan di smartphone, sehingga memudahkan untuk menindaklanjuti mereka di kemudian hari.

Semua penjelasan artikel Perbedaan Antara Website dengan Landing Page dalam Bisnis Online Marketing ini bisa Anda unduh kembali dalam format pdf (Portable Document Format) di sini.

Anda bermaksud membuat website atau landing page? Silakan hubungi : 0857-2110-9590 – untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: