Rein Vidya Banafsha – Profil dan Perjalanan Pendidikannya

Rein Vidya Banafsha – Profil dan Perjalanan Pendidikannya

Rein Vidya Banafsha tercatat sebagai mahasiwi baru termuda yang diterima di Universitas Padjadjaran Prodi Fakultas Kedokteran pada 2018. Kini namanya tersiar ke seluruh penjuru Indonesia sebab telah lulus menjadi wisudawan di usianya yang masih belia, 19 tahun.

Rein Vidya Banafsha – Profil dan Perjalanan Pendidikannya

Rein Vidya Banafsha lulus dari Fakultas Kedokteran Unpad pada Februari 2022. Perempuan berjilbab ini berhasil menyelesaikan pendidikan sarjana dalam waktu 3,5 tahun saja. Saat lulus, usianya 19 tahun, 4 bulan, 15 hari.

Lulus dari SMAN 1 Kota Tasikmalaya

2018 yang lalu, usianya menginjak 15 tahun, Rein Vidya Banafsha lulus dari SMAN 1 Kota Tasikmalaya. Kecerdasan yang sungguh di atas rata-rata, menghabiskan pendidikan sekolah menengah di SMP Negeri 5 kota Tasikmalaya telah diselesaikannya dalam waktu 2 tahun.

Masuk Fakultas Kedokteran Unpad

Pun saat Rein Vidya Banafsha belajar di bangku SMA, dirinya menyelesaikan masa sekolahnya hanya 2 tahun sebab mengikuti kelas percepatan.

Menurut Rein, dirinya melalui 2 tes agar bisa masuk ke kelas percepatan yang ada di sekolahnya.

“Pertama tes IQ terus yang kedua tes akademik. Tes IQ setiap orang berbeda-beda, dan paling susah diasahnya daripada tes akademik seperti; IPA, Matematika,” ungkap Rein.

“IQ itu sudah dari lahir seseorang sedangkan potensi akademik itu bisa dipelajari. Dan IQ pun bisa berubah-ubah tergantung mood,” imbuhnya.

Alhamdulillah, tambah Rein – SMP dirinya bisa lulus dua tahun lebih cepat pun dengan kelulusannya di SMA ditempuhnya dalam waktu dua tahun.

Menurut informasi, dari tes IQ yang dimiliki oleh Rein adalah 147. Sedangkan penerimaan siswa kelas percepatan yang dibuka oleh Program Cerdas Istimewa SMA Negeri 1 Kota Tasikmalaya, minimal nilai IQ 130.

Rein Rutin Shalat Malam dan Shaum Dawud

Rein pun terbiasa mengasah dari sisi kecerdasan spiritual selain sisi kecerdasan intelektual. Dua hal rutin yang tidak luput dikerjakan olehnya yaitu shalat malam dan shaum Dawud. 

“Beberapa bulan sebelum saya mengikuti SBBTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri-red), guru agama saya ke setiap kelas 12 menganjurkan agar saya mencoba puasa Dawud,” ungkap Rein. 

“Soalnya kalau kita ingin sesuatu (harus berpuasa-red) dan puasa terbaik itu puasa dawud),” tambahnya.

Lulus dan Tercatat Sebagai Mahasiswa Termuda 2018

Usahanya berbuah manis, putri dari pasangan Iyan Sopiyan Nurohman dan Nenden Diana ini berhasil lulus masuk Perguruan Tinggi UNPAD Prodi Fakultas Kedokteran. Tidak saja diterima, Rein tercatat sebagai mahasiswa perempuan termuda 2018.

Dirinya mengaku sangat tersanjung sejak diterima SBBTN (2018), “Senang banget! Apalagi kedua orangtua saya, bangga banget,”.

Koordinator Pengelola Program Cerdas Istimewa SMA Negeri 1 Kota Tasikmalaya,Yonandi mengaku bangga atas pencapaian yang diraih oleh muridnya tersebut. Beliau mengakui kecerdasan Rein telah nampak sejak diterima di program Cerdas Istimewa.

Rein Berbakat Menyanyi, Melukis dan Menata Ruang

Agar setiap anak bisa diterima di kelas Program Cerdas Istimewa SMAN 1 tersebut, minimal hasil tes IQ 130.

“Rein anak yang luar biasa. Tidak saja memiliki target akademik, namun target non akademik pun dia garap,” ucap Yonandi.

“Terlihat Rein mempunyai talenta khusus, seperti bernyanyi. Suaranya sangat baik dan bagus. Talenta lainnya, Rein bakat melukis. Dan Rein pun cakap dalam menata ruang. Setiap ruangan yang dirapikan olehnya terasa nyaman,” tegas Yonandi.

Siswa Program Cerdas Istimewa SMA Negeri 1 Tasikmalaya Berhasil Masuk PTN Prodi Fakultas Kedokteran di 3 Universitas yang Berbeda

Menurut Yonandi, para siswa Cerdas Istimewa telah dibekali pengayaan sejak di kelas 10, sebut saja; diperkenalkan soal-soal Ujian Nasional dan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Takheran, siswa-siswa Program Cerdas Istimewa SMA Negeri 1 Kota Tasikmalaya jamak yang masuk perguruan tinggi negeri dan lulus di Prodi Kedokteran di 3 Universitas yang berbeda.

Infografik Rein Vidya Banafsha – Profil dan Perjalanan Pendidikannya

Okezone secara apik sudah mengemas profil dan perjalanan dari seorang inspiratif, Rein Vidya Banafsha.

Rein Vidya Banafsha - Profil dan Perjalanan Pendidikannya
Rein Vidya Banafsha – Profil dan Perjalanan Pendidikannya

Inilah Video Perjalanan Semasa Lulus SMA dan Masuk Ke Universitas Padjajaran Program Studi Fakultas Kedokteran


BACA JUGA: 6 Alasan Memilih Jenjang Pendidikan Terbaik

Klik di sini untuk mendapatkan artikel dan pemberitaan dari Google News.


Share
%d bloggers like this: