Rute Ke Curug Malela dari Soreang

Rute Ke Curug Malela dari Soreang
Home » Umum » Rute Ke Curug Malela dari Soreang

Kami sih yakin kalau Anda mendengar kata Curug Malela sudah tidak asing lagi, bukan? Namun, tidak salah juga kalau kita coba ulas kembali profil dari destinasi wisata yang tengah viral ini. Curug Malela tergolong salah satu tujuan wisata yang menawarkan keindahan alamnya terutama pemandangan air terjun.

Di cagar alam kebanggaan Kabupaten Bandung Barat ini memiliki sumber air Gunung Kendeng, gunung di sebelah barat Ciwidey berperan sebagai hulu sungai yang mengaliri menuju sungai Cidadap Gunung Halu.

Pemandangan yang disajikan berupa air terjun membawa Curug yang terletak di Kampung Manglid Desa Cicadas Kecamatan Rongga ini dijuluki dengan Little Niagara — saking mempesonanya seperti indahnya air terjun Niagara di Amerika bagian utara tersebut.

Untuk bisa memenuhi kepuasan menikmati keindahan Curug Malela tidak mudah. Kita harus berjalan kaki menuju perbukitan yang mengapit keberadaan curug yang terpencil di tengah hutan. Untuk bisa ke Curug Malela, bagi Anda yang memulai keberangkatan dari Soreang bisa mengikuti uraian berikut ini.

Anda yang mengambil jalur perjalanan dari kota Bandung — yang memakai jalan tol Soroja langsung saja ambil arah menuju exit tol tepat di seberang stadion Si Jalak Harupat. Lalu ambil arah kanan menuju lokasi Curug Malela.

Anda akan melewati 2 (dua) pertigaan utama, yang pertama pertigaan arah menuju kota Cimahi. Dari sini kita lurus terus tidak perlu belok menuju kota Cimahi. Setelah melewati jalan Citapen kita akan melewati pertigaan berikutnya yaitu arah menuju Batujajar Bandung Barat. Dari pertigaan ke-2 ini pun sama, kita terus lurus saja. Lanjutkan perjalanan menuju Buni Jaya.

Curug Malela Kini Instagramable

Setelah tiba di Buni Jaya, Anda akan melanjutkan perjalanan melewati jalanan berkelok dengan pemandangan perkebunan teh. Wilayah yang terbilang menantang ini dikenal dengan nama Perkebunan Teh Montaya. Sesampainya di lokasi (desa Rongga), Anda akan diajak menempuh perjalanan sekitar 45 menit untuk benar-benar sampai di Curug Malela. Perkembangannya signifikan, hari ini suasana di Curug Malela semakin menarik, bisa dikatakan instagramable.

Suara Air Curug Malela yang Menenangkan

Dari kejauhan, pemandangan air terjun Curug Malela bisa dilihat dengan utuh dan indah dipandang. Apalagi saat memasukinya, kita akan dibawa pada suasana yang tidak biasa. Tidak ada suara kebisingan kota, suara kendaraan atau polusi udara. Di Curug Malela, kita bisa mendengar suara air terjun yang mampu menenangkan. Cocok bagi Anda yang berniat kabur sementara menghindari aktifitas atau rutinitas yang membosankan.

BACA JUGA :  Cara Cari Tiket Pesawat Lion Air Online di Pegipegi

Jam Buka dan Tutup Cagar Alam Curug Malela

Menurut informasi dari internet, tepat di sekitar jatuhnya air curug, terdapat pot hole alias lubang kecil yang terdapatdi setiap punggung batu dengan kedalaman sekitar 1 jengkal. Lubang tersebut terbentuk akibat gerusan pasir dan kerikil alam yang berputar karena Curug Malela menjatuhkan air terjun selama ini. Orang Sunda menyebutnya dengan jujublegan (jubleg artinya lesung). Curug Malela beroperasi dari pagi hingga sore, jam buka dan tutupnya yaitu pukul 8 pagi hingga 5 petang.

Harga Tiket Masuk ke Curug Malela

Curug Malela memang menjanjikan pesona alam yang unik. Lingkungan asri ditambah udaranya yang segar dan bersih menjadi daya tarik dari tempat wisata di Bandung Barat ini. Tidak mengherankan banyak orang yang merasa senang dan puas berada di sini. Saling berbagi cerita atas pengalaman berkunjung ke tempat wisata Curug Malela ditambah di era Sosial Media seperti sekarang, informasinya semakin cepat tersampaikan dengan didukung foto terbaik yang di-share netizen lewat Instagram – misalnya. Untuk bisa masuk ke Curug Malela, wisatawan harus merogoh kocek sebesar 10 ribu sebagai harga tiket masuknya.

Pengunjung menyempatkan berfoto dengan latar belakang pesona indah pemandangan Air Terjun Curug Malela.
Pengunjung menyempatkan berfoto dengan latar belakang pesona indah pemandangan Air Terjun Curug Malela.

Itu saja sekilas artikel pariwisata serta informasi Rute Ke Curug Malela dari Soreang. Penasaran dengan Curug Malela? Silakan agendakan dari sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: