Sejarah SMK Negeri 1 Cibinong

Sejarah SMK Negeri 1 Cibinong

Sejarah SMK Negeri 1 Cibinong — Sebagai salah satu SMK yang masuk ke dalam daftar Badan Layanan Umum Daerah (BACA: 35 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri di Jawa Barat Resmi Menjadi BLUD). Sehingga SMK Negeri di Jawa Barat menjadi garda depan dalam membantu kesejahteraan masyarakat, sekolah ini memiliki catatan sejarah.

Sejarah SMK Negeri 1 Cibinong

SMK Negeri 1 Cibinong sudah ada sejak 17 Juli 1998, awalnya bernama SMKN 2 Cibinong, berubah setelah turun SK Menteri Pendidikan Nasional No. 217/0/2000 menjadi SMK Negeri 1 Cibinong. Pembangunan gedung SMK Negeri 1 Cibinong bersumber dari dana LOAN OECF (Bantuan dari Jepang). SMK Negeri 1 Cibinong berdiri di atas lahan seluas 17.440 m2 dan luas bangunan 9000 m2.

Gedung SMK Negeri 1 Cibinong yang berada di Jalan Karadenan No. 7 Cibinong Bogor diresmikan oleh Bupati Bogor Bapak Agus Utara Efendi pada 17 Februari 2000. Kala itu sekolah ini menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar dengan tiga program keahlian, antara lain:

  1. Teknik Informatika Komersial,
  2. Teknik Mesin Otomotif, dan
  3. Teknik Perkayuan.

Tahun 2001, SMK Negeri 1 Cibinong membangun ruang kelas sebanyak 4 (empat) ruangan yang anggarannya didapat dari bantuan Pemda Kabupaten Bogor. Tahun 2003, Pemda Kabupaten Bogor kembali memberikan bantuan yang diwujudkan berupa ruang kelas sebanyak 2 (dua) ruangan. Sekarang, setiap tahun SMK Negeri 1 Cibinong mendapat jatah dua lokal ruang teori untuk memenuhi proses belajar mengajar.

Seiring dengan perkembangan kurikulum pada 2004), SMK Negeri 1 Cibinong menyelenggarakan sebanyak enam program keahlian, yaitu:

  1. Rekayasa Perangkat Lunak,
  2. Teknik Komputer Jaringan,
  3. Multimedia,
  4. Teknik Pemesinan,
  5. Teknik Mekanik Otomotif, dan
  6. Teknik Konstruksi Kayu.

Tahun 2008 kurikulum mengalami perubahan dengan diberlakukannya spektrum kompetensi keahlian sehingga program keahlian berubah menjadi kompetensi keahlian. Kompetensi keahlian di SMK Negeri 1 Cibinong menjadi 10 (sepuluh) Kelompok Teknologi dan Rekayasa yang terdiri dari:

Kompetensi keahlian di SMK Negeri 1 Cibinong
Kompetensi keahlian di SMK Negeri 1 Cibinong
  1. Building Construction/business of Construction and Property (Bkp)
  2. Civil Drawing/ Design of Construction Modelling and Information (Dpib)
  3. Machinery (Tp)
  4. Light Vehicle (Tkr)
  5. Software of Engineering(Rpl)
  6. Computer and Networking(Tkj)
  7. Multimedia (Mm)
  8. Industrial Automation (Toi )- 4 Years
  9. Metal Fabrication & Manufacture(Tflm) – 4 Years
  10. Information System of Networking and Application (Sija) – 4 Years

Untuk lebih lengkap mengenai Sejarah SMK Negeri 1 Cibinong, pembaca bisa masuk ke portal resminya di sini.


ARTIKEL SMK LAINNYA : Profil SMK Farmasi Bhakti Kencana Soreang


Share

Leave a Reply

%d bloggers like this: