Sekilas tentang Sejarah Desa Mekar Jaya Kecamatan Banjaran

Sekilas tentang Sejarah Desa Mekar Jaya Kecamatan Banjaran

Desa Mekar Jaya termasuk desa yang terbuka, terbukti dengan adanya YouTube wawancara kepala desa Mekar Jaya, Encas Suherman dengan BR Channel setahun yang lalu.

Sekilas tentang Sejarah Desa Mekar Jaya Kecamatan Banjaran
Sekilas tentang Sejarah Desa Mekar Jaya Kecamatan Banjaran | Foto: Istimewa

1982 menjadi tahun kali pertama bagi Desa Mekarjaya berdiri sendiri lepas dari Desa Ciapus  setelah Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung melakukan pemekaran. Mekarjaya memiliki filosopi bahwa desa Pemekaran mampu berjaya di masa depan dalam segala aspek kehidupan.

Tokoh masyarakat, seperti H. Yaya bin Sanduy, Ading Syamsudin dan Ii Mulyana merupakan figur-figur penggagas berdirinya desa “Mekarjaya” pada saat kepemimpinan Bupati Bandung SANI LUPIAS. Penamaan serta pemilihan nama Mekarjaya, konon diambil dari salah seorang tokoh besar Cibaribis yang bernama Maketa Wijaya.

Dengan Nomor Register 108, Desa Mekarjaya tercatat sebagai Desa di wilayah Kabupaten Bandung. Sejak keluarnya Surat Keputusan Bupati Bandung Nomor : 136/Kep.255-Bin.Pem.Um/2004 tentang Kode Wilayah Administrasi Pemerintahan Kecamatan, Kelurahan dan Desa di Kabupaten Bandung, Desa Mekarjaya tercatat dengan Register Nomor 32.04.13.2012.

Video Wawancara Pembangunan dan Pengelolaan Desa Mekar Jaya Kecamatan Banjaran Bersama Kepala Desa Encas Suherman


BACA JUGA: Asal Mula Penamaan Batukarut


Share
%d bloggers like this: