Beberapa Tempat Wisata Sejarah di Malang yang Menarik untuk Diketahui

Home » Informasi » Beberapa Tempat Wisata Sejarah di Malang yang Menarik untuk Diketahui

Beberapa Tempat Wisata Sejarah di Malang yang Menarik untuk Diketahui — Kita harus tahu sejarah, karena sejarah merupakan salah satu hal yang wajib kita ketahui dan pelajari, dimana dengan sejarah kita bisa mengetahui seperti apa dan macam apa yang bisa membuat negeri ini merdeka.

Yang memang awalnya tidak tahu dan menjadi tahu setidaknya cukup tahu saja kurang cukup, di Malang ternyata menyimpan banyak sekali wisata sejarah, sehingga berikut ini beberapa tempat wisata di Malang.

[1] Gereja Ijen

Gereja ini awalnya bernama Theresiakerk yang berasal dari bahansa Belanda yang aritinya ialah Gereja Santa Maria, akan tetapi lebih dikenal sebagai Geraja Ijen karena letaknya ini yang dekat dengan jalan utama Ijen.

dan merupakan salah satu bangunan peninggalan dari pemerintah colonial belanda yang masih beridiri dengan kokoh yang menghiasi Kota Malang. Gereja ini berada di tengah kota Malang sehingga cukup mudah kalian Kunjungi.

Tempat Wisata di Malang - Gerjea Ijen
Tempat Wisata di Malang – Gereja Ijen

Tentu saja peninggalan belanda memiliki bangunan bernuansa Eropa dengan konsep simetris baik dari suduk kanan dan kiri terlihat sama, dan bisa menjadi tempat beswafoto disini.

[2] Museum Singhasari

Meseum Shinghasari diresmikan pada tahun 2015 yang berfungsi sebagai wadah benda-benda bersejarah yang dimiliki masyarakat sekitar. Dan museum ini memiliki berbagai macam benda koleksi yang menjadi peninggalan dari sejarah masa lalu kerajaan Singhasari.

Tempat Wisata di Malang - Museum Singhasari
Tempat Wisata di Malang – Museum Singhasari

Jika kalian ingin datang kesana museum ini beroperasi dan buka untuk umum di setiap hari kerja dengan gratis kalian bisa masuk ke sini. Menjadi salah satu tujuan wisata sejarah dan pusat edukasi untuk keluarga dan keluarga Museum Singhasari bisa sebagai destinasi pilihan utama saat pembaca jalan-jalan di kota Malang.

[3] Museum Mpu Purwa

Meseum ini memang baru-baru ini diresmikannya oleh Mendikbud sebagai museum sejarah di Kota Malang. di museum ini terdapat berbagai benda cagar alam yang ditemukan di kota Malang. Di sini pun terdapat benda-benda bersejarah seperti arca, benda sarana pemujaan megalitikum. Termasuk fragmen bangunan serta naskah kuno ada di museum ini.

Tempat Wisata di Malang - Museum Mpu Purwa
Tempat Wisata di Malang – Museum Mpu Purwa

Tepat sekali bila Museum Mpu Purwa menjadi objek wisata sejarah yang cukup menarik di kota Malang. Peninggalan-peninggalan tersebut merupakan hasil pengumpulan pada masa Kolonial belanda di Malang. Museum ini bediri di atas lahan seluas 1.800 meter persegi dan terdapat 136 buah koleksi dari peninggalan Mpu Sendok dan Majapahit.

[4] Candi Jago

Beruntungnya Malang sebagai lokasi kerajaan Majapahit dan Singhasari, sehingga terdapat banyak peninggalanya berupa Candi. Candi Jago merupakan peninggalan dari kerajaan Singhasari yang dulu pernah berkuasa di Malang dan sekitarnya.

Tempat Wisata di Malang - Candi Jago
Tempat Wisata di Malang – Candi Jago

Candi ini memiliki sejarah yang menarik serta terdapat keindahan arsitekturnya. Dimana arsitekturnya terdapat banyak sekali relief-relief yang terdapat nilai senin tinggi yang menghiasi Candi ini, tentu saja di balik relief tersebut terdapat cerita masa lalu dan menjadi sejarah.

[5] Museum Sejarah Bantoel

Di Malang terdapat perusahaan roko yaitu Bantoel. Sehingga perusahaan roko ini mendirikan meseumnya sendiri sebagai penghargaan atas sejarah dan budaya yang ada di kota Malang.

Tempat Wisata di Malang - Museum Sejarah Bentoel
Tempat Wisata di Malang – Museum Sejarah Bentoel

Museum ini didirikan langsung di rumah pemilik dan pendiri roko tjap Bantoel yaitu Ong Hok Liong. Tujuan didirikannya museum ini yaitu untuk menunjukkan sejarah dan perjuangan seorang pemilik Bantoel bahwa mereka bisa bertahan hingga sekarang. Sebuah perjalanan yang tidak mudah bisa sampai titik tersebut.

Pembaca … Wisata sejarah harus kita gaungkan agar bisa meningkatkan minat sekaligus jumlah kunjungan baik wisatawan lokal maupun asing. Semoga saja objek wisata di kota Malang tersebut di atas akan diminati banyak oleh orang-orang khususnya orang Indonesia sendiri, setidaknya kita bisa berkunjung ke salah satu tempat wisata sejarah di mana saja saat kita berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.